Headline News : PPDB Tahun 2022 .... HASIL LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK WILAYAH KERJA 202 .... Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-30 Tingkat Pro .... Pameran Expo dan Expose ICT SMK JATIM 2021 .... PELAKSANAAN ISTIGHOSAH dan TAYSAKURAN DALAM RANGKA .... Informasi Kelulusan Siswa .... Pelaksanaan Kegiatan Pondok Ramadhan di SMK Negeri .... SMKN1 Luncurkan E-Learning Skensa .... SMKN 1 Manfaatkan Aplikasi Zoom untuk Rapat Kelulu .... SMKN1 Pasuruan Produksi Handsanitizer “Quinclong .... Dwi Candra, Harumkan Skensa dengan Meraih Emas di .... Pendafataran Ulang Siswa Baru SMKN 1 Pasuruan Tahu .... Pembukaaan MPLS SMKN 1 Pasuruan Oleh Bapak Kepala .... Aksi Peduli Warga Terdampak Pandemi Corona .... Penerimaan Tropi Juara Giat prestasi pramuka Jawa .... Aksi Sosial Pembagian Nasi Bungkus .... Pelaksanaan UNBK 2020 .... Peringatan Isra’ Mi’raj 1441H .... Kunjungan SMA Negeri 3 Jombang ke SMK Negeri 1 Pas .... Peringatan Hari Guru SMK Negeri 1 Pasuruan .... Tim Paduan Suara Guru Panggungrejo Raih Juara 1 Lo .... LDKS SMK Negeri 1 Pasuruan .... Pelatihan Hidroponik oleh Komunitas Hidroponik Pas .... Peringatan Hari Pahlawan .... Pameran Pendidikan LKS Jatim XXV Nganjuk .... Praktik Table Manner Administrasi Perkantoran di H .... Pelaksanaan Tryout UNBK SMP Negeri 2 .... Peringatan Hari Sumpah Pemuda .... Pembukaan Suirvillance Audit 2 ISO 9001:2008 .... Kader CInta Lingkungan: Pelatihan Perkembangbiakan .... SMKN 1 Pasuruan Raih Juara 1 Jawara SMK Tingkat Ko .... Seleksi Lomba Kompetensi Siswa dan Jawara SMK se-K .... Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ....

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-30 Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-30 Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022

Agenda kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-30 tingkat provinsi Jawa Timur Tahun 2022 diselenggarakan pada tanggal 24-27 Maret 2022 yang diikuti siswa seluruh siswa terbaik di masing-masing Wilayah Kerja (Wilker) Provinsi Jawa Timur. Adapun kategori yang lomba sebanyak 53 bidang. Sedangkan kategori lomba yang diikuti SMKN 1 Pasuruan terdiri dari Teknik Perancangan Model 3D, ChemistryMarketing OnlineGraphic Design TechnologyIT Networking System AdministrationArtificial IntelegentCloud Computing, dan Information Network Cabling.

            Acara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Provinsi Jawa Timur ke-30 tahun 2022 ini dibuka oleh sambutan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertempat di Gedung Kesenian Aryo Blitar. Pesan khusus disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa “Mari kita kawal bersama bagaimana Provinsi Jawa Timur bisa menjadi juara umum LKS Tingkat Nasional Tahun 2022”. Melihat banyaknya potensi dan peluang untuk siswa SMK di Jawa Timur, beliau berharap agar SMK di Jawa Timur menjuarai LKS Tingkat Nasional. Prestasi tersebut dapat menjadi tolok ukur pengembangan kompetensi baik bagi para siswa SMK maupun untuk guru.

Dalam acara tersebut salah satu siswa SMK Negeri 1 Pasuruan mendapat juara 3 dalam kategori Teknik Perancangan Model 3D. Siswa tersebut bernama Muhammad Khoirul Anwar dari kelas XII jurusan Multimedia. Ia berhasil mengembangkan karakter game yang bisa dijalankan melalui aplikasi. Untuk profil lengkapnya sebagai berikut.

“Nama saya Muhammad Khoirul Anwar, saya dari kelas XII Multimedia 1. Saya adalah perwakilan SMK Negeri 1 Pasuruan dalam Lomba Kompetensi Siswa dalam bidang lomba Teknik Perancangan Model 3D. Lomba dilaksanakan pada bulan Januari 2022, dan diadakan seleksi secara wilker, dan saya berhasil mendapat juara pertama. Jadi setelah lolos di LKS Wilker kemarin, saya lanjut ke tingkat provinsi Jawa Timur.

Di tingkat provinsi ini, yang menjadi tuan rumah adalah jurusan animasi SMK Negeri 12 Surabaya. Tema yang diangkat dalam lomba kali ini adalah tokoh pewayangan. Dalam naskah soal kami para peserta diberikan deskripsi singkat salah satu tokoh wayang tanpa menyebutkan nama tokoh tersebut, lalu kami diminta untuk membuat model karakter sesuai dengan beberapa poin yang telah ditentukan dalam naskah soal.

Dalam naskah kami diharuskan membuat beberapa atribut karakter tersebut, dan boleh dibuat sekreatif dan semenarik mungkin selama masih dalam konteks yang diminta dalam soal. Karakter yang diminta adalah Gatot Kaca, dengan beberapa atribut seperti gelang tangan, rompi perisai, mahkota, dll. Karakter yang dibuat harus bisa digerakkan dalam platform Unreal Engine, jadi selama pengerjaan saya sering berpindah aplikasi, dadi Blender ke Unreal dan sebaliknya.

Waktu yang diberikan oleh panitia adalah 16 jam pengerjaan yang dibagi menjadi 3 hari, dimulai hari Kamis hingga Sabtu. Saat hari pertama setelah base karakter sudah bisa digerakkan di Unreal, muncul masalah yaitu adanya beberapa vertex yang menyatu dengan tulang yang tidak semestinya, jadi saya menghabiskan 2 jam untuk memperbaiki masalah tersebut. Di hari kedua, saya sudah membuat beberapa rencana agar mamagemen waktu saya dapat menjadi lebih efektif, dan benar di hari kedua proses pengerjaan saya sudah menyentuh angka 85%. Sementara banyak peserta yang masih kesulitan menggerakkan katakternya, saya sudah tinggal melakukan finishing di beberapa texture objek.

Di hari terakhir tidak banyak yang saya lakukan, hanya melakukan beberapa perubahan kecil pada karakter dan menambahkan detail pada texture. Setelah selesai waktu pengerjaan, saya menunggu pengumuman juara. Awalnya saya tidak yakin untuk mendapat juara, ternyata nama SMKN 1 Pasuruan masuk ke dalam nominasi 3 besar. Alhamdulillah perjuangan saya selama 4 bulan membuahkan hasil walaupun mendapat juara 3, saya tetap bangga bisa membawa nama SMK ke tingkat provinsi.”

Benar-benar suatu prestasi yang dapat mengharumkan nama SMKN 1 Pasuruan. Semoga untuk ajang LKS kedepannya SMKN 1 Pasuruan dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi untuk kategori yang lebih bervariasi. Selain itu, semoga siswa-siswi unggulan dapat membawa nama SMKN 1 Pasuruan ke kancah nasional.


Editor : 3
2023-06-15 14:00:32