Pelatihan Hidroponik oleh Komunitas Hidroponik Pasuruan (KHP)

"Pelatihan Hidroponik oleh Komunitas Hidroponik Pasuruan (KHP)"

Sabtu, 12 November 2016. Anggota Kader Cinta Lingkungan (KCL) SMK Negeri 1 Pasuruan mengikuti pelatihan dasar budaya tanam secara hidroponik. Acara yang dilaksanakan di ruang B 2.1, B 2.2, dan B 2.3 ini mendatangkan pemateri dari Komunitas Hidroponik Pasuruan (KHP).

Para pemateri menyampaikan keuntungan dan cara bertanam secara hidroponik. Salah satunya adalah efisien dalam penggunaan pupuk dan air. Bapak Hisyam, salah satu perwakilan KHP, menjelaskan bahwa hidroponik merupakan teknologi bercocok tanam yang tidak bergantung pada ketersediaan nutrisi, air, dan unsur hara yang ada dalam tanah. Oleh karena itu, tanpa lahan pun tanaman bisa tumbuh di tempat yang bahkan tidak mungkin untuk ditanami.

Selain mendapatkan materi tentang hidroponik, siswa juga mendapatkan pelatihan langsung tentang cara bertanam hidroponik dengan menggunakan berbagai media seperti menggunakan pipa yang digenangi air atau dikenal dengan metode Deep Flow Technique.

Salah satu peserta pelatihan, Deva, menyatakan bahwa ia merasa senang bisa mengikuti pelatihan karena bisa mendapatkan ilmu baru yang dapat dibagikan pada teman serta diterapkan di lingkungan sekolah.

“Kegiatan ini merupakan program kerja KCL yang diadakan dengan tujuan mengenalkan serta memberikan pelatihan pada siswa tentang sistem tanam hidroponik,” ujar Ibu Ciciek Pariatmi pembina KCL. Beliau berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, namun hasil pelatihan bisa diterapkan di sekolah, di rumah, atau di lingkungan tempat tinggal siswa.


Editor : Admin SMKN 1
15 November 2017 08:28:31

PELANGI S BIRU