geliat tefa bidang keahlian teknik kimia

"Tanya jawab dengan Ketua Tefa Bidang Keahlian Teknik Kimia, Ibu Musya’idah,M.Pd "

Pasuruan, 3 januari 2020, Apa yang dimaksud dengan tefa? Teaching factory (tefa) adalah model pembelajaran berbasis industri (produk dan jasa) melalui sinergi sekolah dengan dunia usaha dan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar.
Apa tujuan pembelajaran tefa? Tujuan model pembelajaran teaching factory (tefa), seperti yang disampaikan Direktorat PSMK adalah (1) membekali ulusan SMK agar siap kerja dan menjadi pelaku wirausaha, (2)menumbuhkembangkan kreativitas siswa dalam menghasilkan produk dan atau layanan
jasa sesuai dengan kompetensinya, (3)membekali keterampilan sesuai yang dibutuhkan dalam dunia kerja, (4)memperluas cakupan peluang kerja bagi
lulusan SMK, (5) memfasilitasi siswa memulai usaha (start up) secara mandiri dan atau berkelompok sesuai dengan kompetensi keahliannya, dan (6) menanamkan etos dan budaya kerja DU/DI.
Apa kriteria produk yang dihasilkan dalam pembelajaran tefa? 
Produk yang dihasilkan dalam pembelajaran berbasis teaching factory harus melalui analisis dan memenuhi beberapa aspek, yaitu (1) jumlah kompetensi yang dapat diantarkan melalui produk tersebut, (2) nilai guna/ kebermanfaatan produk (minimal dapat memenuhi kebutuhan internal atau eksternal sekolah), dan (3) kualitas produk sesuai dengan standar yang berlaku (misalnya SNI,ISO, standar industri, dan standar profesi).
Apa saja produk yang dihasilkan tefa bidang
keahlian teknik kimia?
Produk yang dihasilkan teknik kimia SMKN 1Pasuruan dengan merk Quinclong terdiri atas sabun cuci piring, sabun cuci tangan, deterjen cair, pembersih lantai, pembersih kaca, dan pengharum pakaian. Produk-produk tersebut diproduksi saat pembelajaran PKK dan saat kegiatan ekstrakurikuler tefa.
Siapa yang memproduksi produk tefa?
Selama ini siswa yang terlibat aktif dalam proses produksi produk-produk tefa melalui pembelajaran dan ekskul tefa.
Apa tujuan pembentukan ekskul tefa?
Ekskul tefa memberikan ruang yang lebih luas bagi pengembang tefa SMKN 1 Pasuruan untuk melakukan produksi, mengingat waktu yang sempit bila hanya dimasukkan dalampembelajaran PKK. 
 


Jumlah Pembaca : 300 Pembaca
Editor : Admin SMKN 1
10 August 2020 11:52:32

PELANGI S BIRU