BERITA

  • Pemerikasaan Kesehatan Siswa Kelas X Kerja Sama dengan Puskesmas Kandangsapi

    Pemerikasaan Kesehatan Siswa Kelas X Kerja Sama dengan Puskesmas Kandangsapi

    Pasuruan, 18 September 2017. UKS SMK Negeri 1 Pasuruan mengadakan pemeriksaan berkala kesehatan siswa. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan program kerja UKS hasil kerja sama dengan Puskesmas Kandangsapi. Pemeriksaan yang dilaksanakan pada tanggal 18—20 September ini ditujukan untuk seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan siswa, mencegah penularan penyakit sejak dini, dan menambah wawasan tentang kualitas hidup sehat. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan latihan bagi para Kader Kesehatan Remaja (KKR) serta bentuk upaya peningkatan komunikasi dan koordinasi tentang program kesehatan sekolah.

    “Pemeriksaan yang dilakukan dalam kegiatan ini meliputi pemeriksaan perkembangan fisik, status gizi, kebersihan diri, kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran, kesehatan gigi dan mulut, keseimbangan gizi, serta pemeriksaan kebugaran jasmani,” ujar Ibu Uswatun Khasanah, pembina UKS SMK Negeri 1 Pasuruan. Ibu Uswatun menyatakan bahwa data kesehatan hasil pemeriksaan ini akan dijadikan rujukan kesehatan siswa di puskesmas terdekat. Ibu Uswatun menyatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan beberapa gangguan kesehatan yang banyak diderita oleh siswa kelas X.

    “Gangguan kesehatan yang banyak dialami siswa adalah gangguan refraksi (otot mata), gangguan kesehatan gigi dan rongga mulut, serta gangguan pencernaan,” ungkap Ibu Uswatun. Beliau menyatakan bahwa gangguan-gangguan kesehatan tersebut banyak diderita oleh para siswa karena mereka memiliki gaya hidup yang tidak sehat, misalnya menggunakan ponsel secara berlebihan, tidak selektif dalam memilih makanan, serta memiliki pola makan yang tidak teratur.

    Ibu Uswatun berharap agar hasil pemeriksaan ini dapat memotivasi para siswa untuk lebih peduli terhadap kesehatannya dan mulai melakukan gaya hidup yang sehat. Beliau juga berharap para kader yang terlibat dalam kegiatan ini kelak dapat memberikan informasi atau penyuluhan tentang kesehatan kepada teman sebayanya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks